Senin, 02 Maret 2020

Jenis-Jenis Ikan Nila


Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan nila berasal dari afrika tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi hewan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis niloticus, dan ikan nila  dikenal sebagai Nile . Dan berikut ini beberapa Jenis-jenis ikan nila yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat.

Jenis-Jenis Ikan Nila
Jenis-Jenis Ikan Nila


IKAN NILA SILA BEST

Banyak dibudidayakan di indonesia termasuk ikan ikan nila sila best memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis ikan nila lokal yang banyak dibudidayakan di indonesia. Masa pemeliharaan ikan nila sila best hanya 4 bulan untuk menacpai bobot 400-500 gram/ekor sedangkan ikan nila lokal, maka akan membutuhkan waktu 6 bulan agar bobot ikan mencapai 400-500 gram/ekor  selain itu, ikan nila sila best ini memiliki keunggulan bagi petani ikan yang dapat memproduksi ikan lebih cepat dari biasanya dan selain panen lebih cepat ikan nila sila best tahan terhadap penyakit.

IKAN NILA NIFI

Ikan nila nifi merupakan ikan ini adalah hasil dari perkawinan silang antara jantan lokal dengan betina luar negri yang memiliki ciri-ciri warna tubuh merah, sirip panjang dan garis yang lebih tegas yang sama yang menyerupai ikan citralada., salah satu cara membedakan ikan nila dengan nila citralada adalah ikan nila nifi lebih banyak jantan dari pada betinanya.

IKAN NILA SRIKANDI

Pada tahun 2012 ikan nila srikandi diperkenalkan oleh bppi (badan penelitian dan pengembngan industri). Kelebihan ikan srikandi memiliki adalah bisa bertahan dari segala macam jenis penyakit  dan ikan ini bisa di budidayakan pada prairan payau.

IKAN NILA ARWANA

Ikan nilai arwana merupakan salah satu ikan persilangkan antara ikan nila gift dan ikan nila get dari pilipina yang sukses dikembangkan oleh balai benih ikan wanayasa purwakarta. Ketimbang ikan airtawar lainnya ikan nila arwana memiliki kelebihan tersendiri  diantaranya dagingnya putih , tebal padat, tidak terlalu banya duri dan  ikan nila arwana dapat tumbuh cepat, dalam jangka waktu 6 bulan ikan arwana bisa mencapai bobot 1 kg. Ikan nila biasa di budidayakan pada kolam air deras dan tambak, pada kolam air deras fcr (rasio konversi pakan) sekitar 1,4 sedangkan pada tambak fcr sekitar 0,6-0,7 dengan pemiliharaan selama 3 bulan.

IKAN NILA LARASATI

Ikan nila larasati atau ikan merah adalah ikan nila hasilk dari persilangan  ikan nila hitam dan ikan nila merah. Ikan nila larasati banyak dibudidayakan oleh petani ikan karena banyak dicari dan memiliki keunggulan dapat berkembang cepat serta dagingnya lebih banyak dari jenis ikan nila yang lain.

IKAN NILA GESIT

Ikan nila gesit merupakan ikan nila yang umumnya dibudidayakan oleh masyarakat. Nila genetically supermale indonesian tilapia (gesit), ikan nila gesit dikembangkan oleh bppt sejak 2002 lalu.  Para pembudidaya ikan nila gesit diarahkan pada produksi ikan berkelamin jantan alias monosex sehingga para pembudidaya mendapatkan hasilkan yang oftimal.  Dalam waktu 6 bulan, ikan nila gesit bisa berbobot 400 sampai 500 gram/ekor. Ikan nila gesit ini sangat sesuai dengan namanya, karena memiliki gerakan yang gesit serta lincah.

IKAN NILA JATIMBULAN

Ikan nila jatimbulan merupakan ikan nila baru dari hasil selective yang dikembangkan oleh pusat pengembangan indukan ikan nila (ppiinn) bertujuan untuk memperbaiki induk yang bermtu dan menghasilkan bibit unggul. Memiliki kelebihan yaitu memilki pertumbuhan yang cepat dibandingkan ikan lainnya dan memiliki rasa daging yang lebih kenyal.

IKAN NILA ANJANI

Ikan nila anjani merupakan hasil rekayasa UPTD BBIS (balai benih ikan sentral) sicincin kabupaten padang pariaman, yang telah melakukan studi banding di UPTD BBIAT (balai benih ikan air tawar) aikmel nusa tenggara barat. Ikan nila anjani memiliki keunggulan dimana ikan nila anjani bisa hidup di suhu yang dingin dan tahan terhadap penyakit. Pertumbuhan ikan nila anjani (1 gran/hari), memiliki daging yang agak tebal.

9 komentar:

Lebukom mengatakan...

laur biasaaa

AveNue mengatakan...

Bagus mas, artikelnya tapi masih kurang lengkap, saya punya referensi artikel tentang <a href='https://jawatani.com/jenis-ikan-nila/">Jenis Ikan Nila</a> Yang lebih lengkap silahkan kunjungi <a href=https://jawatani.com/jenis-ikan-nila/">disini</a> di postingan itu saya ada 10 jenis nila yang saya bahas, dan smoga bisa di jadikan sebgai informasi bagi yang membutuhkan, jangan lupa untuk berkomentar bila ada yang ingin di tanyakan. Baca Juga Artikel Saya Yang lain seputar <a href="https://jawatani.com/cara-budidaya-ikan-nila/">Cara budidaya ikan nila</a>

AveNue mengatakan...

<a href='https://jawatani.com/jenis-ikan-nila">Jenis Ikan Nila</a>

AveNue mengatakan...

https://jawatani.com/jenis-ikan-lele/

AveNue mengatakan...

Bagus mas, artikelnya tapi masih kurang lengkap, saya punya referensi artikel tentang Jenis Ikan Nila Yang lebih lengkap silahkan kunjungi disini di postingan itu saya ada 10 jenis nila yang saya bahas, dan smoga bisa di jadikan sebgai informasi bagi yang membutuhkan, jangan lupa untuk berkomentar bila ada yang ingin di tanyakan. Baca Juga Artikel Saya Yang lain seputar Cara budidaya ikan nila

deni mengatakan...

Webnya tidak bisa dibuka mas

Unknown mengatakan...

Ikan tomat makan ikan hiu

deni mengatakan...

Ah mantap πŸ˜€πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Unknown mengatakan...

KrenπŸ±πŸ€—πŸ€—πŸ‘πŸ‘πŸ‘

12 cara merawat ikan koi yang perlu diketahui oleh pemula

  IKAN KOI ikan koi adalah ikan yang di pelihara di negara jepang karena di yakini akan membawa keberuntungan. ikan koi di pelihara di halam...