Jumat, 06 Maret 2020

MELATIH DAN MERAWAT IKAN LOUHAN


Banyak sekali pembudidaya ikan hias air tawar dan salah satunya adalah Ikan louhan. Ikan louhan memiliki daya tarik tersendiri Ikan louhan memiliki keunggulan yang dimilikinya dari warna ikan louhan cantik disekitaran banyak corak seperti merah, hijau, kuning dan kombinasi lainnya.





Ikan louhan sangat mudah dibor dan pemeliharanya pun sangat gampang. Untuk melatih ikan louhan cukup dengan diajak bermain-main dan mengelusnya di dasari dengan terima kasih Cuma manusia aja yang butuh terima kasih hewan pun perlu terima kasih sayang dari majikannya…. Dan langkah-langkah untuk merawat ikan louhan Anda tetap sehat dan membuat ikan Anda semakin cantik dan mempesona…

1. Kualitas udara


Dalam budidaya ikan hal yang terpenting adalah kualitas air di akuarium atau punah kolam Anda, jika kualitas udara Anda bagus akan ikan Anda akan sehat dan bertumbuh dengan baik, tampa berkembang sakit atau terserang virus begitu pun dengan benar-benar sesuai dengan kualitas udara Anda akan terserang virus, penyakit, dan bakteri-bakteri yang menyelamatkan ikan Anda hingga jatuh sakit hingga sembuh kematian. Dan Ingat selalu pH, DO dan suhu di akuarium. Gunakan aerator untuk menambah oksigen di akuarium sehingga pasokan oksigen di dalam akuarium dapat terpenuhi, untuk pH yang cocok untuk ikan louhan sekitar 5, 6, ppm, sedangkan untuk suhu antara 28-32 0C.

2. Pengontrolan dan pergantian udara


Pemantauan udara perlu dilakuakan karena perlu kualitas udara menurun airnya harus diganti separuhnya, dengan cara melepaskan sebagian udara terus diisi dengan air yang baru sampai memenuhi parameter standar. Namun, jika tidak terlalu kotor, ikan louhan harus dipindahkan terlebih dahulu, kemudian air akuarium dikuras dan dibuang dari ikan sisa pakan dan juga lumut yang ditempelkan di kaca akuarium. Setelah semuanya bersih baru dimasukan air yang baru.

3. Penempatan akuarium


Penempatan akuarium yang ditempatkan sering dilalulangi orang, ini dimaksudkan untuk melatih mental ikan louhan dan ikan louhan akan menjani lebih banyak jinak. Akuarium jangan di tempatkan yang mengeluarkan sinarmatahari langsung karean akan naik pertumbuhan lumut lebih cepat, dan usahakan aerator tetap naik agar oksigen tetap terpenuhi.


4. Mengelus ikan louhan


Pengeluslah ikan lohan di bagian kepala karena ikan lohan sangat suka dielus –elus Ini harus menambah ikan louhan dan membuat ikan louhan lebih jinak. Saat ikan louhan sudah menantang dan jinak maka kita bisa bercengkerama dengan ikan louhan.

5. Mencerahkan warna 


pakan yang mengandung karotein dapat mencerahkan warna ikan louhan semakin cerah. Pakan yang mengandung karotein seperti bayam, wortel, udang, spirulina dan bahan-bahan lainnya yang mengandung karotein.

6. Membesarkan nongnong


Ada dua faktor yang sangat mempengaruhi ikan louhan dapat besar. Pertama adalah faktor yang memilik nongnong besar dari induknya. Kedua adalah faktor pemberian pakan yang mengandung protein yang tinggi. Kandungan protein dapat diperoleh dari pakan alami seperti cacing, tanah, udang sedangkan untuk protein lainnya dapat diperoleh dari pakan buatan pabrik yang mengandung banyak proteinnya.

7. Peralatan penunjang untuk


pemeliharaan ikan hias diakuarium harus disetujui perlatan untuk menunjang keberhasilan pemeliharaan ikan agar kualitas udara tetap terjaga. Peralatan yang diperlukan sperti:

a. aerator bekerja untuk menium udara ke dalam udara, sehingga mengalirkan oksigen dapat masuk ke udara

b. Penyedoterjaan untuk menyedot kotoran dan sisa pakan yang ada di dalam akuarium

c. Filter yang digunakan untuk membersihkan air yang ada di dalam akuarium

d. Lampu pencahayaan untuk penerangan akuarium agar penampilan ikan louhan tetpterlihat

e. Pasir dan bebatuan bekerja sebagai mainan ikan louhan

f. Kayu mati buat rumah ikan louhan dan tambah ke indahan akuarium

g. Gambar dilakukan sebagai hiasan akuarium sehinnga seperti habitat ikan louhan



Nah beberapa cara melatih dan merawat ikan louhan, semoga bermanfaat bagi kita semua yang membaca ………. !!!!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat

12 cara merawat ikan koi yang perlu diketahui oleh pemula

  IKAN KOI ikan koi adalah ikan yang di pelihara di negara jepang karena di yakini akan membawa keberuntungan. ikan koi di pelihara di halam...